Silabus Pembelajaran
Sekolah : SMPN 2 Sanga Desa
Kelas : IX
(Sembilan )
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Semester : 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
1. Memahami makna
dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana
untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
1.1 Merespon makna yang
terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang
melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian, serta
mengungkapkan dan menanggapi keraguan
|
1. Percakapan memuat ungkapan-ungkapan berikut
:
Contoh
· A : Are you sure ?
B: I am. It is confirmed
· A: Well... I am not sure
B: Don’t worry
2.Tata Bahasa
It is ........
( Adj + to inf )
I am ........
( certainly )
3.Kosa kata
Kata terkait tema
dan jenis text
4.Spelling, stress, intonation
5.Ungkapan baku
of course
certainly
I am not sure
|
1. Tanya jawab yang
berkaitan dengan ungkapan meminta dan memberi kepastian, mengungkapkan dan
menanggapi keraguan menggunakan gambit-gambit yang relevan. Contoh:
Kepastian:
·
of course I
·
I certainly
Keraguan:
·
I don’t know
·
I can’t decide
2. Mendengarkan
percakapan yang berkaitan dengan materi
3. Mengidentifikasikan
gambit-gambit yang digunakan dalam percakapan
4. Menjawab percakapan
yang berkaitan dengan percakapan yang didengarkan
|
1. Merespon ungkapan meminta
dan memberi kepastian
2. Merespon ungkapan
mengungkapakan dan menganggapi keraguan
|
Tes lisan
Tes tertulis
|
Pertanyaan
- Pilihan ganda
-Melengkapi per cakapan
|
- Respond the
teacher’s statement!
T:
“Are you sure?
S: “.......”
- Choose the
correct expression to complete the dialogue below
- Write the missing
words based on the dialogue you hear
|
2x40
menit
|
1.
Bahan-bahan rekaman (cassette, CD , VCD )
a.Script percakapan
b.Buku teks yang relevan
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
|
|
|
|
|
|
|||
1.2 Merespon makna yang
terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang
melibatkan tindak tutur berikut meminta pengulangan, menunjukkan
perhatian, dan menyatakan kekaguman
|
Percakapan memuat ungkapan berikut :
- I beg your
pardon?/Pardon?
- A. I’ve got good news!
B.
Tell me more about it.
- A.
What a beautiful day!
B. It is. Shall we go to the beach ?
1.
Tata Bahasa
more, less
What a ...!
2.
Kosakata
Kata terkait tema dan jenis teks
3.
Ungkapan baku
- Pardon? |
1. Tanya jawab tentang
berbagai hal terkait tema / topik dan ungkapan terkait materi.
2. Mengembangkan kosa
kata terkait tema / topik yang dipilih.
3. Tanya jawab
menggunakan ungkapan-ungkapan terkait materi.
4. Mendengarkan
percakapan yang menggunakan ungkapan terkait materi.
5. Menjawab pertanyaan
tentang isi percakapan.
6. Merespon ungkapan
yang diucapkan guru.
|
1. Merespon ungkapan meminta
pengulangan
2. Merespon ungkapan menunjukan
perhatian
3. Merespon ungkapan menyatakan
kegaguman
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Isian singkat
Merespon Ungkapan Lisan
PG
|
Listen to the
dialoque and complete the sentences.
Listen to the
expression and give your response
Listen to the
expression and choose the right answer
|
2 x 40 menit
|
1.
Bahan-bahan rekaman (cassette, CD , VCD )
2.Script percakapan Buku teks yang relevan
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar