Senin, 02 Juli 2018

CONTOH RPP KURIKULUM 2013 LENGKAP EDISI REVISI 2017 SMP/MTS KELAS VII SEMESTER GANJIL 2018-2019


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :    SMPN 2 SANGA DESA
Mata Pelajaran            :    Bahasa Inggris
Kelas/Semester             :    VII/Ganjil
Materi Pokok               :    Good Morning. How are You?  
Tahun Pelajaran          :    2018/2019
Alokasi Waktu             :    2 JP (1 x Pertemuan)

A.     Kompetensi Inti   
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan  menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.    Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)



Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1     Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan  menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.1.1     Mengidentifikasi fungsi sosial ungkapan tegur sapa
3.1.2     Mengidentifikasi struktur teks ungkapan tegur sapa
3.1.3     Mengidentifikasi unsur kebahasaan teks ungkapan tegur sapa.

4.1  Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf, dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
4.1.1     Melengkapi dialog tentang ungkapan tegur sapa
4.1.2     Membuat percakapan tentang ungkapan tegur sapa berdasarkan situasi yang diberikan.
4.1.3  Mendemonstrasikan dialog yang telah dibuat.
         



Pendidikan karakter yang diterapkan :, santun, percaya diri dan kerjasama

C.     Tujuan Pembelajaran
       Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan dengan benar dapat:
1. Mengidentifikasi fungsi sosial ungkapan tegur sapa
2. Mengidentifikasi struktur teks ungkapan tegur sapa
3. Mengidentifikasi unsur kebahasaan teks ungkapan tegur sapa
4. Melengkapi dialog tentang ungkapan tegur sapa
5. Membuat percakapan tentang ungkapan tegur sapa berdasarkan situasi yang diberikan.
6. Mendemonstrasikan dialog yang telah dibuat.
      
D.     Materi Pembelajaran
              i.      Materi pembelajaran regular
·   Fungsi sosial
Menyapa, berpamitan, berterimakasih, meminta maaf, dan menanggapinya, untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman.
·  Struktur teks
-    Memulai
-    Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
·  Unsur kebahasaan
-    Ungkapan-ungkapan yang lazim digunakan
-    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
·  Topik
Interaksi antara peserta didik di dalam di luar kelas yang melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, berterimakasih, meminta maaf yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI.
            ii.      Materi pembelajaran remedial
·  Teks deskriptif lisan dan tulis untuk memberi dan meminta informasi terkait dengan teks interaksi interpersonal hubungan dengan sesame teman dan guru.
          iii.      Materi pembelajaran pengayaan
·  Fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan, teks descriptif lisan dan tulis

E.     Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
Ø  Metode Pembelajaran
©  Pendekatan                                   :  Scientific Learning
©  Model Pembelajaran         :  Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
Ø  Media Pembelajaran
©  Media LCD projector,
©  Laptop,
©  Bahan Tayang
Ø  Sumber Belajar:
©  Teks Siswa,
©  Buku Pegangan Guru,
©  Modul/bahan ajar,
©  Sumber internet,
©  Sumber lain yang relevan

F.      Langkah-langkah Pembelajaran

1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
  • Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, pada kelas VI
  • Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
  • Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø  How to greet
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
  • Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
  • Pembagian kelompok belajar
  • Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

10
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
Ø  Sing a song
dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)/Menayangkan gambar/foto tentang 
Ø  Peserta didik diminta untuk mengamati teks lagu “Good Morning” dan “How are you”
v  Mengamati
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø  Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
·         Cara menyapa dan berhubungan dengan guru, teman dan orang lain

v  Mendengar
Ø  Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
·         Cara merubah teks lagu “How are you” pada halaman 3 buku siswa pada bagian Note.
v  Menyimak,
Ø  Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
·         Cara merubah teks lagu “ How are you”
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø   What is good morning
Ø  Apa informasi yang di dapat dari lirik lagu “ Good morning” dan “How are you”
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
Ø  Good morning itu apa?
Data
collection
(pengumpulan
data)
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Wawancara dengan nara sumber
v  Mengumpulkan informasi
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø  Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
v How to greet baik melalui teks deskriptif atau melalui teks lagu
v  Mempresentasikan ulang
v  Aktivitas :
Ø  Peserta didik melakukan aktivitas sesuai sesuai buku siswa seperti berikut ini:
-          Menyanyikan lagu “Good morning”
-          Menyalin lagu “How are you” dan menggantinya sesuai dengan perintah pada bagian Note pada halaman 3 buku siswa
-          Menerjemahkan lirik lagu “Good Morning”
v  Mendiskusikan
v  Mengulang
v  Saling tukar informasi tentang  :
Ø   How to greet
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v  Berdiskusi tentang data :
Ø  Bagaimana cara mengambil informasi pada lirik lagu
Ø  Bagaimana cara mengganti kata-kata yang tersedia pada halaman 3 buku siswa dengan arahan bagian note pada halaman 3 pada buku siswa
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø  Lagu “good Morning”
Verification
(pembuktian)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø  Menyanyikan lagu “good Morning di depan kelas
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalization
(menarik
kesimpulan)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø  Lagu “good morning” dan terjemahnya
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø  Lagu “Good Morning” dan terjemahnya
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
60
menit


Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Mengagendakan projek yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik

10
menit





























































































































































































G. PENILAIAN, REMEDIAL DAN PENGAYAAN
1. Teknik Penilaian
·         Sikap   : Observasi
·         Pengetahuan : Tertulis
·         Keterampilan : Unjuk Kerja lisan dan tulisan

2. Instrumen Penilaian
Kisi-Kisi dan Soal
No
Indikator
Soal
Teknik/Bentuk Penilaian
3.1.1

Diberikan teks dialog,  siswa dapat menemukan ungkapan sapaan
Underline the Greetings expression in the dialog below.
Novi  : Good morning, Desy.
Desy : Good morning, Novi.
Novi  : How are you today?
Desy : I’m fine, thank you. And you ?
Novi  : I’m fine too. Sorry Desy, it’s time for me to go to my class.
Desy : Ok, see you Novi.
Novi  : See you..
       Tertulis
   4.1.1

1.  Siswa dapat melengkapi dialog rumpang dengan ungkapan sapaan




2.  Siswa membuat dialog berdasarkan situasi yang diberikan oleh guru.



2.  Siswa dapat melakukan dialog berpasangan dengan menggunakan ungkapan menyapa dan pamitan

A. Complete the dialog with correct utterances.

Anida: Hello …? (1)
Maya : Hi, Good afternoon, Anida. …? (2)
Anida: Fine, Maya. Thanks.

1. You meet your teacher at school in the morning. What will you say?
2.  You go to the market with your family in the evening. You meet Andy there. What will you say to Andy?

B. Demonstrate a dialogue with your partner in front of the class based on Task 2.

  Tertulis






Tertulis





Unjuk kerja


3. Rubrik Penilaian dan  Pedoman Penskoran
a. Rubrik Penilaian Pengetahuan
ASPEK
KRITERIA
SKOR
  Jumlah Soal
Skor Peroleh
Isi
Sangat Sesuai
3
8


Sesuai
2



Kurang Sesuai
1


Struktur Text
Benar dan tepat
3



Benar tapi kurang tepat
2



Kurang
1


Unsur Kebahasaan
Sangat Tepat
3



Tepat
2



Kurang Tepat
1


Total Skor




b. Rubrik Penilaian Keterampilan (Unjuk Kerja lisan dan Tertulis)
ASPEK
KRITERIA
SKOR
Skor Peroleh
Mendeskripsikan
Secara lisan
Lancar mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai
89-100

Lancar dan kosa kata dan kalimat berkembang, serta ada transisi
79-88

Sesekali melihat teks, kosa kata terbatas tapi lancar
67-78

Membaca script, kosa kata terbatas dan tidak lancar
0-66

Jumlah


Mendeskripsikan
Secara lisan
Fungsi social tercapai, struktur dan unsure kebahasaan kurang tepat
89-100

Fungsi social tercapai, struktur  tepat dan unsur kebahasaan kurang tepat
79-88

Fungsi social tercapai, struktur dan unsur kebahasaan kurang tepat
67-78

Fungsi social  struktur dan unsur kebahasaan tidak sesuai
0-66

Jumlah


H.      Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.      Remedial
v  Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
v  Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
©  Membuat kalimat atau percakapan berisi tentang how to greet.

b.      Pengayaan
v  Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
v  Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
v  Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
©  Perbedaan cara menyapa.




Mengetahui                                                                              Nganti, 17 Juli 2018
Kepala SMPN 2 Sanga Desa                                                    Guru Mata Pelajaran
                                                               


Muhamad Husyaini, S.Pd.,M.Si                                            Rozi Vahlepi, S.Pd
Nip. 198102252009021004



1.        Sikap spiritual

Teknik Penilaian   : Observasi/Jurnal
Bentuk Instrumen :

No
Waktu
Nama
Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
1



(*
2




3






(Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya)

Deskripsi Sikap Spiritual


No
Nama
Deskripsi Nilai sikap spiritual
1


2


3




1.        Sikap Sosial

Teknik Penilaian          : Observasi/Jurnal
Bentuk Instrumen


No
Tanggal
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
1.
(*
2.
3.






(*  jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, percaya diri dan kerjasama*)

Deskripsi Sikap Sosial
No
Nama
Deskripsi Nilai Sikap Sosial
1


2


3


Tidak ada komentar:

Posting Komentar