PROGRAM
TAHUNAN
Nama Sekolah :
SMPN 2 Sanga Desa
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas / Semester :
IX – 1 & 2
Tahun Pelajaran :
2018 / 2019
Target Nilai Prota :
SMT
|
standar
kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Alokasi
Waktu
|
KET
|
1
|
Mendengarkan
1. Memahami
makna dalam percakapan transaksional
dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks
kehidupan sehari-hari
|
1.1 Merespon makna yang
terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang
melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian, serta
mengungkapkan dan menanggapi keraguan
|
Percakapan memuat ungkapan-ungkapan berikut
Are you sure ?
I am. It is confirmed
|
||
1.2 Merespon makna yang
terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang
melibatkan tindak tutur berikut meminta pengulangan, menunjukkan
perhatian, dan menyatakan kekaguman
|
Percakapan memuat ungkapan berikut :
I beg
your pardon?/Pardon?
A. I’ve got good news!
B. Tell me more about it.
A. What a beautiful day!
B. It is. Shall we go to the beach ?
|
||||
Mendengarkan
2. Memahami
makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk
procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
2.1 Merespon makna yang
terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar,
dan berterima untuk berinteraksi dalam
konteks kehidupan sehari-hari
|
· Teks fungsional
/pendek
- pesan singkat
-
iklan
-
pengumuman
|
|||
2.2. Merespon
makna yang terdapat dalam monolog
pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report
|
Teks monolog berbentuk procedure dan report.
|
||||
Berbicara
3. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan
interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks
kehidupan sehari-hari
|
3.1. Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam
konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta dan
memberi kepastian dan mengungkapkan dan menanggapi keraguan
|
Percakapan singkat memuat ungkapan-ungkapan:
|
|||
3.2 Mengungkapkan makna dalam percakapan
transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)
pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar
dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang
melibatkan tindak tutur: meminta pengulangan, menunjukkan perhatian, dan
menyatakan kekaguman
|
1.
Tanya jawab menggali kosa kata terkait topik / tema
yang dipelajari.
2.
Tanya jawab menggunakan ungkapan terkait materi.
3.
Mendengarkan percakapan menggunakan ungkapan terkait.
4.
Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan.
5.
Bermain peran melakukan percakapan.
|
||||
Berbicara
4. Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog
pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari
|
4.1 Mengungkapkan makna
dalam bentuk teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam
konteks kehidupan sehari-hari
|
·
Teks fungsional / pendek
- pesan singkat.
- iklan.
- pengumuman
|
|||
4.2. Mengungkapkan
makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks
berbentuk procedure dan report
|
Teks monolog berbentuk procedure dan report.
|
||||
Membaca
5. Memahami makna teks tulis fungsional dan esei
pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi
dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
5.1 Merespon makna dan
langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks
berbentuk procedure dan report
|
·
Teks monolog
procedure/report
·
Makna gagasan teks procedure
·
Informasi factual
·
Informasi rinci
·
Informasi tersirat dalam teks procedure dan report
·
Tujuan komunikatif teks procedure dan alat
·
Langkah retorika
- teks procedure (purpose material-steps)
- teks report (identification-description)
|
|||
5.2.Merespon makna yang terdapat dalam teks
tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
5.3. Membaca nyaring bermakna teks
fungsional dan esei pendek sederhana
berbentuk procedure dengan
ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima
|
·
Makna gagasan dan tekstual dalm teks
fungsional/pengumuman, iklan dan pesan singkat
·
Ciri kebahasaan teks fungsional pengumuman
|
||||
Menulis
6. Mengungkap kan makna
dalam teks tulis fungsional dan esei
pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
6.1 Mengungkapkan makna
dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam
konteks kehidupan sehari-hari
|
·
kalimat sederhana
- imperatives
- simple present
Teks fungsional pendek :
1. iklan
2. surat pribadi
|
|||
6.2 Mengungkapkan makna dan langkah
retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis
secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks
kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report
|
·
kalimat acak dari teks procedure/report
·
teks monolog pendek berbentuk procedure/report
|
||||
jumlah
|
|||||
2
|
Mendengarkan
7. Memahami
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam
konteks kehidupan sehari-hari
|
7.1 Merespon makna
yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi)
pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari yang melibatkan tindak tutur mengungkapkan kesantunan
|
· Ungkapan kesantunan, contoh:
- Could you please......?
- With pleasure.
- Would you mind repeating that?
- Sorry, what did you say?
- Oh thank you
|
||
7.2 Merespon makna
yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek
sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari yang melibatkan tindak tutur memberi berita yang menarik
perhatian, dan memberi komentar terhadap berita
|
Percakapan
memuat:
· Ungkapan memberi berita yang
menarik perhatian, contoh:
A.
Guess what! I’ve got good news!
B.
Please tell me. What is it?
· Ungkapan memberi komentar
tentang berita
A.
I got 10 for the English test
B.
Really ?? That’s fantastic!
|
||||
Mendengarkan
8. Memahami
makna dalam teks lisan fungsional dan
monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari
|
8.1 Merespon makna yang
terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar,
dan berterima untuk berinteraksi dalam
konteks kehidupan sehari-hari
|
· Teks fungsional pendek:
- iklan
- surat pribadi
· Ciri-ciri kebahasaan iklan dan
surat pribadi
|
|||
8.2. Merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek
sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report
|
· Teks monolog berbentuk narrative/report terkait tema tertentu
· Tujuan komunikatif teks monolog
berbentuk narrative/report
· Langkah retorika teks monolog
berbentuk narrative/report
· Ciri-ciri kebahasaan teks
monolog berbentuk report
- simple present tense
- General nouns
- Relating verbs, action verbs, istilah teknis
|
||||
Berbicara
9. Mengungkap
kan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dan monolog pendek
sederhana berbentuk narrative dan
report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
9.1. Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek
sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang
melibatkan tindak tutur mengungkapkan kesantunan
|
· Percakapan memuat ungkapan
kesantunan, contoh:
A.
Could you please ...?
B. With pleasure.
|
|||
9.2 Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek
sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang
melibatkan tindak tutur: memberi berita yang menarik perhatian dan memberi
komentar terhadap berita
|
· Ungkapan memberi berita yang
menarik perhatian, contoh:
A.
Guess what! I’ve got hot news!
B.
Please tell me. What is it?
· Ungkapan memberi komentar
tentang berita
A.
I got 10 for the English test
B.
Really ?? That’s fantastic!
|
||||
Berbicara
10. Mengung
kapkan makna dalam teks lisan
fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari
|
10.1.Mengungkapkan
makna dalam teks lisan fungsional
pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar
dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
Teks
fungsional pengumuman.
Teks
fungsional : - pesan-pesan singkat
Teks
fungsional : -iklan
|
|||
10.2.Mengungkapkan
makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari berbentuk narrative
dan report
|
Teks monolog berbentuk narrative/report terkait tema tertentu
· Tujuan komunikatif teks monolog
berbentuk narrative/report
· Langkah retorika teks monolog
berbentuk narrative/report
· Ciri-ciri kebahasaan teks
monolog berbentuk narrative/report
Simple present tense
General nouns
Relating verbs,
action verbs,
istilah teknis
|
||||
Membaca
11. Memahami makna teks tulis fungsional dan esei pendek
sederhana berbentuk narrative dan
report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
11.1.Membaca
nyaring bermakna teks tulis fungsional
dan esei pendek sederhana berbentuk narrative
dan report dengan ucapan,
tekanan dan intonasi yang berterima untuk berinteraksi dalam konteks
kehidupan sehari-hari
|
·
Teks fungsional pendek :
- iklan
- surat pribadi
|
|||
11.2 Merespon makna dalam teks
tulis fungsional pendek secara akurat, lancar dan berterima untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
·
Teks fungsional pendek
- iklan
- surat pribadi
·
Informasi dalam teks fungsional pendek
- gagasan utama
- informasi rinci
- makna kata, frasa, kalimat
|
||||
11.3 Merespon makna dan langkah retorika dalam
esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi
dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan
report
|
·
Teks monolog berbentuk
- narrative
- report
·
Informasi dalam teks monolog narrative
and report
- gagasan utama
- informasi rinci
- informasi faktual
|
||||
11.4 Membaca
nyaring bermakna teks tulis fungsional
dan esei pendek sederhana berbentuk narrative
dan report dengan ucapan,
tekanan dan intonasi yang berterima untuk berinteraksi dalam konteks
kehidupan sehari-hari
|
·
teks narrative/report terkait
tema ter-tentu
|
||||
Menulis
12. Mengung
kapkan makna dalam teks tulis
fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari
|
12.1 Mengungkapkan makna dalam
bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa
tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks
kehidupan sehari-hari
|
·
Teks fungsional pendek
- iklan
- surat pribadi
|
|||
12.2. Mengungkapkan
makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan
ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi
dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan
report
|
· Teks monolog berbentuk narrative/report terkait tema tertentu
· Tujuan komunikatif teks monolog
berbentuk narrative/report
· Langkah retorika teks monolog
berbentuk narrative/report
· Ciri-ciri kebahasaan teks
monolog berbentuk narrative/report
· simple present tense
· General nouns
· Relating verbs, action verbs, istilah teknis
|
||||
jumlah
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar