PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Satuan Pendidikan : SMPN 2 Sanga Desa
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : IX / 1 (Ganjil)
Tahun Pelajaran : 2018 - 2019
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
KKM
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Alokasi Waktu
|
|||
Mendengarkan
1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan
interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks
kehidupan sehari-hari
|
1.1 Merespon makna yang
terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang
melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian, serta
mengungkapkan dan menanggapi keraguan
|
· Merespon ungkapan
meminta dan memberi kepastian
· Merespon ungkapan
mengungkapakan dan menganggapi keraguan
|
|||||
Mendengarkan
2. Memahami makna
dalam teks lisan fungsional dan
monolog pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari
|
2.1 Merespon makna yang
terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar,
dan berterima untuk berinteraksi dalam
konteks kehidupan sehari-hari
|
· 1.Mengidentifikasi makna
dalam teks fungsional pendek: pesan singkat, surat pribadi dan brosur
· Mengidentifikasi
informasi yang terdapat dalam teks-teks fungsional/pendek, - surat pribadi
- brosur
|
|||||
2.2. Merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek
sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report
|
1. Mengidentifikasi
berbagai
informasi
dalam teks
monologpendek
berbentuk
procedure/report
2. Mengidentifikasi
langkah
retorika
dalam teks
monolog
berbentuk
procedure/report
3. Mengidentifikasi
tujuan
komunikatif
teks monolog
berbentuk
procedure/report
|
||||||
Berbicara
3. .Mengungkapkan makna dalam
percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
3.1. Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam
konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta dan
memberi kepastian dan mengungkapkan dan menanggapi keraguan
|
1. Bertanya dan
menjawab tentang
meminta dan
memberi kepastian
2. Bertanya dan
menjawab tentang
mengungkapkan
dan menanggapi
keraguan
|
|||||
1.2. Mengungkap-kan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa
lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks
kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta pengulangan,
menunjukkan perhatian, dan menyatakan kekaguman
|
1.Bertanya dan menjawab tentang
meminta pengulangan
2.Bertanya dan menjawab tentang
menunjukan perhatian
3.Bertanya dan menjawab tentang
menyatakan kekaguman
|
||||||
Berbicara
4.Mengungkapkan
makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana
berbentuk procedure dan
report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
4.1.Mengungkapkan
makna dalam bentuk teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan
ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi
dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
1. Menjawab secara lisan
berbagai pertanyaan tentang isi teks yang didengar
2.
Menyampaikan secara lisan berbagai informasi yang terdapat dalam
a. Surat pribadi b. brosur |
|||||
4.2. Mengungkapkan
makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks
berbentuk procedure dan report
|
·
Melakukan monolog pendek dalam bentuk
1.
Procedure/report
|
||||||
Membaca
5.
Memahami makna teks tulis
fungsional dan esei pendek sederhana
berbentuk procedure dan
report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
5.1 Merespon makna dan
langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks
berbentuk procedure dan report
|
1.Mengidentifikasi
makna gagasan
dalam teks berbentuk
procedure dan report
2.Mengidentifikasi
berbagai informasi
yang terdapat dalam
teks berbentuk
procedure dan report
3.Mengidentifikasi
tujuan komunikatif
teks berbentuk
procedure/report
4.Mengidentifikasi
langkah retorika
dalam teks berbentuk
procedure/report
5.Membaca
nyaring
teks berbentuk
procedure/report
|
|||||
5.2.Merespon makna yang terdapat dalam teks
tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
1.Mengidentifikasi makna yang terdapat teks fungsional
pendek;
- Surat Pribadi
- Brosur
2.Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks fungsional
pendek, - Surat Pribadi
- Brosur
|
||||||
5.3. Membaca nyaring bermakna teks
fungsional dan esei pendek sederhana
berbentuk procedure dengan
ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima
|
·
Membaca nyaring
·
Mengidentifikasi informasi yang berhubungan dengan bacaan tentang
prosedur
·
Menjawab pertanyaan-pertanyaan berdasarkan bacaan
·
Membuat ringkasan
|
||||||
Menulis
6. Mengungkap kan
makna dalam teks tulis fungsional dan
esei pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
1.2 Mengungkapkan makna
dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam
konteks kehidupan sehari-hari
|
1.
Menulis kalimat pendek dan sederhana
2.
Menulis teks fungsional pendek dan sederhana
|
|||||
6.2 Mengungkap-kan makna dan langkah
retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis
secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks
kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report
|
1. Menyusun kalimat acak menjadi
teks yang padu berbentuk procedure/report
2.
Menulis essay berbentuk procedure / report
|
||||||
Jumlah
|
Mengetahui,
Kepala SMPN 2 Sanga Desa
Muhamad Husyaini, S.Pd.,M.Si
NIP. 198102252009021004
|
Nganti, 16 Juli 2018
Guru Mapel Bahasa Inggris
Rozi Vahlepi, S.Pd
NIP. -
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar