Senin, 02 Juli 2018

CONTOH PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)KTSP (K-2006) BAHASA INGGRIS LENGKAP KELAS IX (SEMBILAN) SEMESTER GANJIL


PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan         : SMPN 2 Sanga Desa
Mata Pelajaran              : Bahasa Inggris
Kelas / Semester             : IX / 1 (Ganjil)
Tahun Pelajaran             : 2018 - 2019



Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu

Mendengarkan
1. Memahami makna   dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari


1.1  Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian, serta mengungkapkan dan menanggapi keraguan



·   Merespon ungkapan meminta dan memberi kepastian
·   Merespon ungkapan mengungkapakan dan menganggapi keraguan


Mendengarkan
2. Memahami makna dalam     teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari


2.1  Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari



·   1.Mengidentifikasi makna dalam teks fungsional pendek: pesan singkat, surat pribadi dan brosur
·   Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam teks-teks fungsional/pendek, - surat pribadi
    - brosur





2.2. Merespon makna  yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report

1. Mengidentifikasi
    berbagai informasi
    dalam teks
    monologpendek
    berbentuk
    procedure/report
2. Mengidentifikasi
    langkah retorika
    dalam teks
    monolog berbentuk
    procedure/report
3. Mengidentifikasi
    tujuan komunikatif
    teks monolog
    berbentuk    
procedure/report


Berbicara
3. .Mengungkapkan  makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari


3.1. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian dan mengungkapkan dan menanggapi keraguan






1. Bertanya dan 
menjawab tentang
    meminta dan
memberi kepastian

2. Bertanya dan
menjawab tentang   
    mengungkapkan
    dan menanggapi
       keraguan



1.2.     Mengungkap-kan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta pengulangan, menunjukkan perhatian, dan menyatakan kekaguman 

1.Bertanya dan menjawab tentang meminta pengulangan

2.Bertanya dan menjawab tentang menunjukan perhatian

3.Bertanya dan menjawab tentang menyatakan kekaguman


Berbicara 4.Mengungkapkan  makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk  procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari

4.1.Mengungkapkan makna dalam bentuk teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari


1.      Menjawab secara lisan berbagai pertanyaan tentang isi teks yang didengar
2.    Menyampaikan secara lisan berbagai informasi yang terdapat dalam
a. Surat pribadi
b. brosur



4.2. Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report

·        Melakukan monolog pendek dalam bentuk
1.      Procedure/report



Membaca
5.  Memahami  makna teks tulis fungsional dan esei pendek  sederhana berbentuk  procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
5.1  Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report


1.Mengidentifikasi
   makna gagasan
dalam teks berbentuk
procedure dan report

2.Mengidentifikasi
   berbagai informasi
   yang terdapat dalam 
   teks berbentuk
 procedure dan report

3.Mengidentifikasi
   tujuan komunikatif
   teks berbentuk
   procedure/report

4.Mengidentifikasi
   langkah retorika
dalam teks berbentuk
   procedure/report

5.Membaca nyaring 
   teks berbentuk
   procedure/report




5.2.Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari


1.Mengidentifikasi makna yang terdapat teks fungsional pendek;
    - Surat Pribadi
    - Brosur
2.Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks fungsional pendek, - Surat Pribadi
    - Brosur



5.3. Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan  esei pendek sederhana berbentuk procedure   dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima


·         Membaca nyaring
·         Mengidentifikasi informasi yang berhubungan dengan bacaan tentang prosedur
·         Menjawab pertanyaan-pertanyaan berdasarkan bacaan
·         Membuat ringkasan



Menulis
6. Mengungkap kan makna dalam  teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari

1.2  Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari




1.      Menulis kalimat pendek dan sederhana
2.      Menulis teks fungsional pendek dan sederhana






6.2 Mengungkap-kan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report


1.      Menyusun kalimat acak menjadi teks yang padu berbentuk procedure/report
2.      Menulis essay berbentuk procedure / report




Jumlah





Mengetahui,
Kepala SMPN 2 Sanga Desa




Muhamad Husyaini, S.Pd.,M.Si
NIP. 198102252009021004

Nganti, 16 Juli 2018
Guru Mapel Bahasa Inggris




Rozi Vahlepi, S.Pd
NIP. -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar